Sekretariat DPRD

PROFIL
STRUKTUR ORGANISASI
TUGAS DAN FUNGSI
PUBLIKASI

Sekretariat DPRD adalah unsur pelayanan dan unsur administratif terhadap DPRD, dipimpin oleh Sekretaris DPRD yang teknis operasionalnya berada dan bertanggung jawab kepada pimpinan DPRD sedangkan teknis administrasi berada dalam pembinaan Sekretaris Daerah. Sekretariat DPRD Kabupaten Soppeng dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Organisasi perangkat daerah yang selanjutnya ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan perangkat daerah Kabupaten Soppeng. Peraturan Daerah tersebut selanjutnya dijabarkan dalam Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat DPRD Kabupaten Soppeng.

BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN

Bagian Umum dipimpin oleh seorang Kepala Bagian mempunyai tugas membantu sekretaris DPRD dalam memimpin dan melaksanakan, menyiapkan bahan rangka perumusan kebijakan, pengoordinasian pelaksanaan urusan umum yang meliputi urusan kepegawaian, tata usaha dan perlengkapan, humas, protokol dan media massa, sesuai perundang-undangan dan pedoman yang berlaku untuk kelancaran tugas. Adapun rincian tugasnya sebagai berikut:

  1. Merencanakan operasionalisasi kegitan tahunan sebagai pedoman
    pelaksanaan tugas,
  2. Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan agar tercipta
    distribusi tugas yang merata,
  3. Menyelenggarakan pengelolaan administrasi kepegawaian, tata usaha dan
    perlengkapan, humas, protokol dan media massa,
  4. Menyelenggarakan dan mengendalikan urusan administrasi yang meliputi surat menyurat, kearsipan serta dokumen-dokumen penting lingkup sekretariat DPRD,
  5. Mempersiapkan bahan keperluan rumah tangga, pengadaan, pemeliharaan barang/perlengkapan dan/atau sarana dan prasarana kebutuhan DPRD dan
    sekretariat DPRD,
  6. Menyiapkan bahan bimbingan, fasilitas, termasuk konsumsi yang diperlukan
    untuk rapat, pertemuan atau penerimaan tamu,
  7. Mengoordinasikan kegiatan publikasi, dan pemberitaan kegiatan DPRD,
  8. Melakukan penyaringan informasi atau analisis pemberitaan kegiatan DPRD serta pelaksanaan kegiatan keprotokoleran,
  9. Menyiapkan bahan bimbingan dan pengembangan humas, pengkajian data dan informasi,
  10. Menyelenggarakan urusan rumah tangga, perjalanan dinas, pengelolaan dan penggunaan kendaraan dinas, rumah dinas DPRD dan sekretariat DPRD,
  11. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan lingkup tugasnya,
  12. Mengoordinasikan pengelolaan naskah dinas,
  13. Menilai prestasi kerja kepala sub bagian dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier,
  14. Menginventarisir permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah, dan
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.

BAGIAN PERSIDANGAN DAN PERUNDANG-UNDANGAN

BAGIAN FASILITASI PENGANGGARAN DAN PENGAWASAN

  1. Merencanakan dan program kerja, rencana anggaran Sekretariat DPRD,
    pimpinan dan anggotan DPRD, serta menyusun Renstra Sekretariat DPRD
    sesuai dengan Visi Misi daerah,
  2. Menyelenggarakan administrasi kesekretariatan DPRD,
  3. Menyelenggarakan rapat-rapat DPRD,
  4. Menyelenggarakan administrasi keuangan, urusan rumah tangga, perjalanan, perlengkapan serta ketatausahaan sekretariat dan anggota DPRD,
  5. Menyediakan dan mengoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD,
  6. Mengoreksi dan menganalisa serta memaraf konsep surat, rancangan
    dan/atau produk hukum yang menjadi tugas dan tanggung jawab sekretariat
    DPRD,
  7. Mengoordinasikan konsep perumusan kebijakan DPRD terkait dengan
    pembahasan Peraturan Daerah, Naskah Akademik dan Draft Perda Inisiatif;
  8. Melakukan pembinaan administrasi yang terdiri dari urusan tata usaha,
    umum dan kepegawaian, keuangan, perbekalan DPRD dan pelaksanaan tugas
    sekretariat,
  9. Memfasilitasi dan merespons pengajuan rancangan dan/atau produk hukum
    daerah atas inisiatif DPRD, serta memberikan dukungan penyelenggaraan
    tugas fungsi DPRD bidang legislasi, fungsi DPRD bidang pengawasan dan
    penganggaran,
  10. Memberikan dukungan penyelenggaraan penyelenggaraan tugas dan fungsi
    DPRD dibidang hukum dan persidangan,
  11. Memverifikasi, mengevaluasi dan menganalisis produk penyusunan
    peraturan perundang-undangan,
  12. Melakukan koordinasi dengan unit kerja dalam rangka kelancaran
    pelaksanaan tugas DPRD dan mengoordinasikan kegiatan penerangan,
    publikasi, pemberitaan kegiatan DPRD, risalah rapat, kehumasan,
    keprotokoleran dan media massa,
  13. Mengoordinasikan penyelenggaraan lembaga penyiaran publik lokal
    radio/televisi publik lokal pemerintah kabupaten soppeng,
  14. Melakukan monitoring dan evaluasi, pengendalian dan pelaporan
    pelaksanaan tugas lingkup sekretariat DPRD, dan
  15. Menilai prestasi kerja kepala bagian dalam rangka pembinaan dan
    pengembangan karier serata melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang
    diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis.
DOKUMEN PUBLIKASI 2018 2019
RENSTRA Lihat Detail Lihat Detail
RENJA PERUBAHAN Lihat Detail Lihat Detail
LAPORAN KINERJA Lihat Detail Lihat Detail
PENGUKURAN KINERJA Lihat Detail Lihat Detail
RENCANA AKSI Lihat Detail Lihat Detail
PERJANJIAN KINERJA Lihat Detail Lihat Detail
EVALUASI INTERNAL Lihat Detail Lihat Detail
     
     

DATA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD

Sekretariat DPRD
Umum dan Keuangan
Persidangan dan Perundang-Undangan
Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan
NAMA
JABATAN
PANGKAT
Johansyah, S.Sos, MMSekretaris DPRDPEMBINA TK.1 / IV/b
Andi Heril Dolly,SEKepala Bagian Umum dan KeuanganPEMBINA, IV/a
Anni Riani Arsyad,SSTP,M.SiKepala Bagian Persidangan dan Perundang-UndanganPEMBINA TK.I, IV/b
Muhammad Arif Rahman Gani, S.Kom, M.SiKepala Bagian Fasilitasi Penganggaran dan PengawasanPENATA TK.I, III/d
Sam Aswan, SE,M.APKasubag Perencanaan,Pelaporan dan KeuanganPENATA, III/c
Hamdan Taufan,SE, MMKasubag Umum dan KeuanganPENATA, III/c
Fajar Mu'min Arafah,SHKasubag Kajian Perundangan-UndanganPENATA III/c
Nurrasak Rahim Ali,S.SosKasubag Persidangan,Risalah dan PublikasiPENATA, III/c
Risma, S.Sos, M.SiKasubag Fasilitasi PenganggaranPENATA TK.I, III/d
Muhammad Nur,S.SosKasubag Fasilitasi PengawasanPENATA, III/c
NAMA
NIP
JABATAN
PANGKAT
Andi Heril Dolly,SE19720717 200312 1 011Kepala Bagian Umum dan KeuanganPEMBINA, IV/a
Sam Aswan, SE,M.AP19860527 200502 1 003Kasubag Perencanaan,Pelaporan dan KeuanganPENATA, III/c
Hamdan Taufan,SE, MM19730327 201001 1 003Kasubag Umum dan KeuanganPENATA, III/c
rosnaini,S.Sos197801118 201001 2 006Analis PerencanaanPENATA MUDA, III/a
Kasmawati19770627 200012 2 005Analis PerencanaanPENATA MUDA, III/a
Esse Aswiningsih,S.Sos19850322 200502 2 003Verivikator KeuanganPENATA MUDA, III/a
Herman19750525 200604 1 019BendaharaPENGATUR, II/c
Jamaluddin,SE19711110 200604 1 032Pengelola KeuanganPENATA MUDA, TK.I, III/b
Marhani,SE19730330 201408 2 002Analisis Data dan InformasiPENGATUR MUDA, TK.I, II/b
Mulyadi,SE19791227 200901 1 006Pengelola KepegawaianPENATA MUDA, III/a
Andi Millang,S.Sos19761130 200901 2 002Pengelola Barang Milik NegaraPENATA MUDA, TK.I, III/b
Harlina19671231 199501 2 002Pengelola Barang Milik NegaraPENATA MUDA, TK.I, III/b
Dedi Sulaiman,S.IP19820912 200801 1 005Pengadministrasian UmumPENATA MUDA, III/a
Nure19671231 200701 1 164Pramu BaktiJURU TK.I, I/d
NAMA
NIP
JABATAN
PANGKAT
Anni Riani Arsyad,SSTP,M.Si19790426 199803 2 002Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-UndanganPEMBINA TK.I, IV/b
Fajar Mu'min Arafah,SH19860607 201101 1 017Kasubag Kajian Perundang-UndanganPENATA III/c
Nurrasak Rahim Ali,S.Sos19731005 200502 1 004Kasubag Persidangan,Risalah dan PublikasiPENATA, III/c
Heriani19881205 201503 2 005Analisi HumasPENATA MUDA,TK.I, III/b
Musdalifah19811119 200701 2 003Penyusun RisalahPENATA MUDA, TK.I, III/b
Syamsul Bahri,SE19850321 200901 1 002Pengelola PersidanganPENATA MUDA, III/a
Yudha Sakti Putra, SE19860423 201408 1 002Pranata AcaraPENGATUR MUDA, TK.I, II/b
Musriadi,S.Sos19730223 200701 1 016Penyusun Bahan Informasi dan PublikasiPENATA MUDA, TK.I, III/b
Abidin,S.Sos19681231 200701 1 136Penyusun Bahan Informasi dan PublikasiPENATA MUDA, TK.I, III/b
Afwan, SH19820830 201503 1 003Analisis Peraturan Perundang-UndanganPENATA MUDA, TK.I, II/b
Andi Surya Anggreni,S.Sos19821020 201408 2 001Pengelola Data Informasi dan HukumPENGATUR MUDA, TK.I, II/b
NAMA
NIP
JABATAN
PANGKAT
Muhammad Arif Rahman Gani, S.Kom, M.Si19791105 200502 1 003Kepala Bagian Fasilitasi Penganggaran dan PengawasanPENATA TK.I, III/d
Risma, S.Sos, M.Si19740928 199402 2 003Kasubag Fasilitasi PenganggaranPENATA TK.I, III/d
Muhammad Nur,S.Sos19740303 200502 1 001Kasubag Fasilitasi PengawasanPENATA, III/c
Nurnaeni Z,SE, M.Si19720725 200212 2 06Analis PenganggaranPENATA TK.I, III/d
Asmawati Arsyad,S.Sos, M.Si19761130 200502 2 003Analis PenganggaranPENATA TK.I, III/d
Urdiwan, SE, MM19720601 200502 1 003Pengelola Data PenganggaranPENATA TK.I, III/d
Kasmawati, SE, MM19780612 200604 2 036Analis Hasil Pengawasan dan Pengaduan MasyarakatPENATA TK.I, III/b
Andi Ariangga Sikri, S.Sos19840411 201001 1 033Analis Hasil Pengawasan dan Pengaduan MasyarakatPENATA MUDA, III/a
Jumartini, S.Sos19730202 200801 2 006Pengelola Data PelayananPENATA MUDA, TK.I, III/b
Back to top button
Close